CARA INVESTASI REKSA DANA YANG BENAR DAN MENGUNTUNGKAN

Cara investasi reksa dana diyakini oleh para kebayakan investor sebagai cara investasi efek yang mudah. Mengapa investasi reksa dana di bilang mudah? Hal ini karena kita sebagai invetor dapat berinvestasi secara diversifikasi dalam berbagai efek tanpa pusing mengelola dana yang telah diinvestasikannya karena tugas pengelolaan dana investasi dalam reksa dana telah di emban oleh manajer investasi. Jadi kita tinggal memilih produk reksa dana yang terbaik dan terpercaya lalu kita mengalokasikan dana kita setelah itu kita tinggal menanti keuntungan yang akan kita peroleh. Yang menjadi daya tarik investasi reksa dana yaitu kita dapat memulai investasi reksa dana hanya dengan dana sebesar 100.000 rupiah, jadi bagi anda yang belum pernah investasi dalam saham, obligasi dan efek lainnya dan ingin berinvestasi saham dan obligasi maka sebaiknya memulainnya dengan berinvestasi melalui reksa dana.

Bagaimana? apakah anda tertarik untuk investasi dalam reksa dana? Jika sampai di artikel ini anda masih belum mengenal reksa dana dengan baik, maka silahkan anda kunjungi artikel pengertian reksadana, melalui artikel tersebut anda akan dijelaskan apa itu reksa dana, apa saja keuntungan investasi reksa dana dan apa saja resiko yang mungkin terjadi dari investasi reksa dana. Jika anda sudah memahami pengertian reksa dana, sekarang apakah anda sudah siap memulai investasi reksa dana? Jika anda sudah siap silahkan anda ikuti teknik berinvestasi reksa dana yang benar berikut ini :

Cara Memilih produk reksa dana yang tepat

Sebelum kita memilih produk reksa dana yang akan kita beli atau kita jadikan investasi kita, maka kita harus mengenal resiko dari masing-masing jenis reksa dana, berdasarkan besar kecilnya resiko maka reksa dana di bedakan menjadi 3 jenis yaitu :
  • Reksa dana dengan resiko rendah maka return yang mungkin di dapat rendah : Reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap.
  • Reksa dana dengan resiko sedang maka return yang mungkin di dapat sedang : Reksa dana campuran.
  • Reksa dana dengan resiko tinggi maka return yang mungkin didapat tinggi : Reksa dana saham.
Silahkan anda pahami dulu jenis reksa dana di atas, jika anda masih pemula maka saran saya pilihlah jenis reksa dana yang resikonya masih rendah yaitu reksa dana pasar uang atau reksa dana pendapatan tetap. Namun perlu anda sadari bahwa jika anda memilih reksa dana dengan resiko rendah maka keuntungan yang mungkin anda terima juga rendah karena dalam investasi berlaku “High risk high return” yang bermakna jika resiko tinggi maka keuntungan yang akan diterima juga tinggi sebaliknya jika resiko rendah maka keuntungan yang diterima juga rendah.

Tahap berikutnya sebelum memili produk reksa dana, yaitu menentukan tujuan dari investasi yang akan anda lakukan, apakah untuk tujuan jangka panjang (di tasa 5 tahun)? Apakah tujuan jangka pendek (1 s/d 2 tahun)? Ataukah tujuan jangka menengah (2 s/d 5 tahun)?

Apabila anda memiliki keinginan untuk membeli rumah impian dalam waktu 6 tahun ke depan, maka tujuan investasi yang dapat anda lakukan adalah investasi tujuan jangka panjang, sebaliknya jika anda berencana menunaikan ibadah haji 1 tahun ke depan maka tujuan investasi yang dapat anda lakukan adalah investasi jangka pendek.

Setelah anda tahu resiko dari setiap jenis reksa dana dan telah menetapkan tujuan investasi reksa dana yang akan anda lakukan, maka sekarang kita dapat memilih produk reksa dana terbaik yang harus dipilih. Apa saja produk reksa dana yang dapat di pilih? Untuk mengenal dan memilih produk reksa dana yang dapat di pilih silahkan anda lihat gabar di bawah ini :

cara investasi reksa dana

Pada gambar di atas di perlihatkan produk reksa dana yang dapat di pilih, bagi anda yang ingin melihatnya dengan jelas dan up to date maka anda bisa melihat pada media massa seperti harian bisnis indonesia atau melalui situs  Infovesta.com.

Gambar di atas adalah cuplikan dari situs Infovesta.com. mengenai produk reksa dana yang siap anda pilih untuk investasi. Pada gambar tersebut anda dapat melihat berbagai produk reksa dana dari berbagai jenis reksa dana mulai dari reksa dana saham, reksa dana pasar uang dan jenis lainnya. Dalam situs tersebut anda juga dapat melihat informasi kinerja dari setiap reksa dana dari mulai kinerja dalam 1 hari,  kinerja dalam 1 bulan, kinerja dalam 1 tahun, hingga kinerja dalam 3 tahun. Situs tersebut juga sudah menampilkan nilai aktiva bersih (NAB) dalam harga per poin-nya untuk setiap produk reksa dana. Anda juga bisa mengenal reputasi dari setiap produk reksa dana melalui skor (tanda bintang) dimana skor tersebut dapat anda jadikan patokan untuk memilih produk reksa dana. Apakah anda sudah dapat memilih produk reksa dana dengan baik? Saya rasa jika anda memahami penjelasan ini dengan baik maka sampai disini anda sudah dapat memilih produk reksa dana yang akan anda beli. Sekarang bagaimana untuk membeli produk reksa dana? Simaklah uraian berikut ini :

Cara Membeli Produk Reksa dana dengan tepat

Jika anda sudah tertarik dengan salah satu produk reksa dana, maka saatnya untuk membeli atau investasi dalam reksa dana. Bagaimana caranya? Sebelum kita membeli maka kita cari informasi detail dari produk reksa dana yang kita pilih, caranya adalah dengan mengunjungi situs dari pemilik produk tersebut atau situs manajer investasi produk tersebut. Untuk dapat menemukan situs dari manajer investasi anda bisa cari di internet dengan memasukan keywordnya “ nama produk reksadana” yang anda pilih misalnya “Bahana Dana Likuid”. Setelah kita cari di google maka ditemukanlah situs dari PT Bahana TCW Investment Management  sebagai penyedia produk bahana dana liquit adapun situsnya adalah http://www.sinar.bahanatcw.com/WebTheme/homepage/. Setelah kita tahu situsnya maka kita bisa melihat detai produk yang dijual pada situs manajer investasi tersebut, dengan klik menu tentang kami dan pilih “produk kami” setelah halaman “produk kami” terbuka maka akan menemukan produk reksa dana yang dimaksud yaitu bahana dana liquid, setelah anda menemukan produk reksa dana yang anda pilih maka anda download prospektus mengenai produk tersebut, Jika prospektus reksa dana yang anda pilih tidak tersedia pada situs manajer investasi atau tidak dapat anda didownload, maka Anda dapat minta agar anda dikirimi prospektus dari produk reksa dana tersebut ke email anda, dengan menghubungi kontak admin situs tersebut. apa itu prospektus?

Prospektus reksa dana yaitu informasi lengkap dari sebuah produk reksa dana yang mencakup informasi :  Nama sebuah produk reksadana, Kinerja dari produk dalam periode tertentu, Kebijakan investasi, Informasi tipe reksadana, kemana saja uang Anda akan diinvestasikan, apakah dalam bentuk saham, bentuk obligasi, atau investasi di pasar uang dan sejenisnya serta info dari kompisisi masing-masing instrumen investasi. Silahkan download contoh prospektus reksa dana sebagai salah satu bahan belajar anda.

Simak juga cara investasi emas dengan teknik berkebun emas dan teknik klasik

Setelah anda memahami prospektus dari produk reksa dana, dan informasi detail produk reksa dana tersebut sudah sesuai dengan harapan anda maka anda dapat mendatangi langsung alamat dari penyedia produk reksa dana yang anda pilih untuk melakukan pembelian attau investasi.

Note : nama produk reksa dana yang disebutkan di atas hanya sebagai contoh saja, bukan maksud penulis untuk mengajak anda memilih produk tersebut, anda bebas memilih produk reksa dana apa saja yang menurut anda menguntungkan.

Demikianlah pemaparan dalam www.caraberinvestasi.com tentang cara investasi reksa dana yang menguntungkan dan mudah dilakukan oleh pemula, semoga anda dapat memahami cara investasi reksa dana.

CARA INVESTASI REKSA DANA YANG BENAR DAN MENGUNTUNGKAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Posting Komentar