INFORMASI LEBIH DALAM TENTANG INVESTASI DALAM OBLIGASI

Anda Ingin Investasi dalam Obligasi? Jika Ini adalah pertama kali anda investasi obligasi maka sebaiknya anda ketahui dulu dengan baik tentang Obligasi agar anda tidak Keliru.



Investasi Dalam Obligasi merupakan satu cara yang bisa anda tempuh untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.

Investasi yang satu ini tentu saja berbeda dengan investasi saham karena dalam obligasi tidak ada kepemilikan perusahaan yang menerbitkan surat obligasi itu sendiri. Yang kemudian ada hanyalah perjanjian bahwa uang sejumlah yang ditanamkan akan dikembalikan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan.

Sistem obligasi lebih disukai oleh sebagian orang karena adanya beberapa kelebihan khususnya dalam praktek yang harus dilaksanakan. Salah satunya misalnya dalam hal mudahnya prosedur yang dilakukan.

Ketika anda ingin bergabung dalam investasi surat obligasi, maka anda tinggal memposisikan diri anda sebagai investor. Tentu anda harus memiliki modal yang besar sebab biasanya ada batasan juga yang ditetapkan tentang dana cair obligasi itu sendiri.

Kemudian dalam rentang waktu pelunasan yang biasanya antara lima sampai dengan sepuluh tahun, secara rutin anda juga akan mendapatkan keuntungan dari bunga obligasi tersebut. Hal inilah yang kemudian merupakan investasi anda yang memberikan tambahan keuntungan.

Investasi dalam obligasi

Selain itu, Kestabilan kurs obligasi juga merupakan daya tarik tersendiri. Dengan demikian anda tak perlu takut mengalami seperti dalam investasi saham karena fluktuasinya tidak sedrastis naik turunnya saham.



Investasi anda terjaga dan pada saat yang sama anda juga mendapatkan keuntungan. Oleh karena itulah investasi dalam obligasi biasanya merupakan pilihan yang lebih disukai oleh mereka yang suka berbisnis yang lebih aman daripada bergabung dalam investasi saham.

Simak Juga Artkel :
1. Perbedaan Investasi dalam saham dan Investasi Obligasi
2. Cara Investasi Deposito yang cocok untuk Pemula

Kelebihan lain juga misalnya investasi yang satu ini bukan merupakan investasi seumur hidup, jadi anda bisa memilih suatu saat untuk berhenti sesuai dengan ketetapan.

Proses Investasi dalam Obligasi

Investasi sebenarnya bisa dilakukan tidak hanya berupa uang kas akan tetapi juga dalam bentuk non kas. Ada konversi harga yang dilakukan pada kasus yang terakhir dan hal itu dihitung sejak pembelian dilakukan. Penghitungan yang sama dilakukan sebagai titik awal investasi bisnis obligasi itu sendiri. Dengan demikian, nanti bunga yang merupakan bagian terpisah dari keuntungan anda akan dihitung sejak itu juga. Peraturan yang simpel seperti ini membuat proses yang harus anda lakukan menjadi mudah untuk diselesaikan.

Ada banyak sekali jenis obligasi dari mulai corporate bonds, government bonds, sampai dengan convertibel bonds. Kesemuanya itu penting untuk anda ketahui sebelum anda bergabung dalam investasi dalam obligasi supaya anda tidak mengalami kebingungan tentang investasi anda sendiri. Selain itu, ada berbagai peraturan yang juga penting untuk diketahui misalnya mengenai pelunasan obligasi, penarikan obligasi, ataupun mengenai pemindahan obligasi. Obligasi memang memiliki fleksibilitas yang tinggi. Selain itu, ada juga kemungkinan penjualan obligasi sebelum jatuh tempo karena satu dan lain hal

0 komentar:

Posting Komentar