JENIS JENIS SAHAM ANTARA KEUNTUNGAN DAN KERUGIANNYA

Saham Merupakan salah satu Instrumen Investasi yang berpotensi mendatangkan untung besar, namun untuk mendapatkan keuntungan besar diperlukan pemahaman yang baik tentang saham, salah satunya tentang jenis - jenis saham



Jenis jenis saham ada banyak sekali sekarang ini. Di satu sisi hal itu menunjukkan animo masyarakat yang kian meninggi terhadap model bisnis kepemilikan saham. Di sisi lain hal itu juga menunjukkan perkembangan perekonomian yang memberikan anda lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan keuntungan.

Saham itu sendiri merupakan bukti andil anda terhadap kepemilikan perusahaan dan karenanya anda kemudian berhak mendapatkan bagian dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan yang bersangkutan.

Dengan demikian, jelas anda harus memiliki modal terlebih dahulu sebelum anda memutuskan terjun ke bisnis saham.

Macam - macam Saham dalam Bisnis

Jenis jenis saham dalam bisnis

Ada banyak sekali memang macam-macam saham yang bisa anda temukan dalam dunia perbisnisan sekarang. Salah satu yang paling terkenal misalnya adalah jenis saham biasa.

Ini merupakan jenis saham yang paling umum dan paling banyak dipilih oleh orang. Peraturannya sangat mendasar dan sangat mudah dipahami.

Dengan memiliki saham biasa maka anda memiliki hak kepemilikan atas perusahaan yang bersangkutan. meskipun demikian, keuntungan dan kerugian yang dialami perusahaan nantinya akan memberikan keuntungan dan kerugian pula bagi anda sesuai dengan besar saham yang anda miliki pada perusahaan tersebut.



Kemudian yang sedikit berbeda dari saham biasa adalah jenis saham preferen. Jenis saham yang satu ini merupakan kombinasi antara saham dengan obligasi.

Artinya dalam hal adanya batas waktu tertentu yang ditetapkan ataupun hasil yang kontinyu maka jenis saham preferen sangat mirip dengan obligasi. Akan tetapi jika dilihat dari kepemilikan perusahaan berdasarkan kepemilikan saham ini maka yang satu ini sama dengan jenis jenis saham biasa.

Menariknya, saham yang satu ini juga kemudian biasa dipertukarkan dengan saham biasa. Maka anda juga bisa memiliki pertimbangan yang lebih luas dengan memilihnya alih-alih memilih jenis saham biasa.

Simak Juga :
1. Cara Investasi Saham yang Benar agar mendapat untung
2. Resiko Investasi Saham yang wajib dicermati oleh Investor Pemula

Pada saham ada juga jenis yang lain yang jelas pemilik saham tersebut siapa. Saham jenis ini disebut sebagai jenis saham terdaftar.

Akan tetapi ada juga jenis saham pembawa, yaitu jenis saham yang tak mencantumkan nama pemiliknya sehingga proses pemindahtanganannya pun menjadi lebih mudah.

Jenis saham yang satu ini mungkin akan terasa riskan bagi seorang pemula. Akan tetapi keuntungannya tadi yaitu pemudahan pemindahan kepemilikan juga akan berguna untuk menjadi jalan keluar ketika perusahaan yang bersangkutan mengalami kerugian misalnya.

Dua jenis jenis saham yang lain yang juga penting anda pertimbangkan adalah adanya jenis blue chip stock dan jenis speculative stock. Pada blue chip stock maka perusahaan yang bersangkutan merupakan jenis perusahaan besar yang sudah sangat stabil. Kemungkinan mendapatkan keuntungan langsung dari model perusahaan ini sangat tinggi.

Sebaliknya, pada speculative stock anda mungkin tidak langsung mendapatkan keuntungan akan tetapi di masa depan nanti anda akan mendapatkannya.

0 komentar:

Posting Komentar