PROSES JUAL BELI TANAH SECARA LEGAL DAN AMAN

Proses jual beli tanah selama ini mungkin bukan merupakan pengetahuan yang anda butuhkan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan anda akan membutuhkannya suatu saat nanti.



Penjualan tanah bisa memberikan keuntungan yang banyak dan anda juga bisa mendapatkan uang yang lumayan ketika anda misalnya membutuhkan uang banyak dalam waktu singkat.

Jika kemudian anda memang memiliki naluri dalam bisnis ini maka ada kemungkinan juga anda kemudian akan mulai melakukan bisnis jual beli tanah.

Keuntungan yang bisa didapat dari bisnis tanah dan properti biasanya lumayan tinggi terutama ketika anda jeli melihat peluang.

Jenis bisnis yang satu ini seringkali digabungkan dengan jenis jual beli properti juga. Ada banyak kasus ketika pada tanah yang bersangkutan misalnya ada bangunan, maka kategorinya sudah masuk pada kategori properti.

Tentu saja kemudian ada perhitungan tambahan yang harus dilakukan dalam kasus semacam itu. Proses penjualan itu sendiri supaya tidak menimbulkan masalah dengan hukum di suatu saat nanti maka ia harus diselesaikan dengan cara yang benar dan legal.

Ada beberapa peraturan yang secara praktis harus dilaksanakan ketika anda akan melakukan penjualan ataupun pembelian tanah.


Praktek Legal Jual Beli Tanah


Proses jual beli tanah
Praktek jual beli tanah ini sangat sederhana sebenarnya. Secara umum yang harus diurus adalah berbagai surat-surat yang berkaitan dengan pemindahan kepemilikan tanah itu sendiri.

Maka hal pertama yang harus anda lakukan sebagai bagian dari proses jual beli tanah adalah membuat akta jual beli.

Akta jual beli ini hanya bisa dibuat ketika posisi anda sebagai penjual misalnya memang memiliki akta tanah itu sendiri yang sah. Dengan demikian, usahakan bahwa anda selalu memiliki akta tanah yang asli pada tanah mana pun yang anda miliki supaya prosesnya menjadi mudah diselesaikan tanpa ada hambatan.

Selain harus memiliki akta tanah yang asli, maka anda juga harus memiliki kartu tanda penduduk yang berlaku. Tentu ini merupakan syarat yang sangat mudah dipenuhi. Dalam praktek langkah ini juga anda harus tahu bahwa ada pajak penghasilan yang ditanggung penjual. Besarnya adalah sebesar lima persen.

Simak Juga Tips Investasi Property Yang Aman dan Menguntungkan

Untuk penjualan tanah yang dilakukan dengan sistem cicil maka akan ada penentuan batas sesuai dengan kesepakatan mengenai pelunasannya.

Perlu dicatat juga bahwa ketika tanah yang akan dijual itu merupakan tanah yang sedang dalam sengketa, maka anda tak bisa menjualnya karena anda juga tak bisa membuat akta jual beli meskipun anda memiliki sertifikat yang asli misalnya.

Asalkan semua berkas yang dibutuhkan dari mulai sertifikat asli tanah, kartu tanda penduduk, dan pajak penghasilan sudah diselesaikan, maka proses jual beli tanah tidak akan memakan waktu yang lama.

Prosesnya sangat simpel dan mudah dilakukan. Anda sebagai penjual kemudian akan mendapatkan nama anda dicoret dan diganti dengan nama pembeli. Ketika akta jual beli sudah didapatkan, maka proses jual beli itu sendiri sudah resmi diselesaikan.

0 komentar:

Posting Komentar