Mengupas Tuntas Investasi Emas di Pegadaian, Terbaru 2017

investasi emas di pegadaian

Investasi emas di pegadaian, salah satu instrumen investasi yang kini banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan memilih berinvestasi emas, Anda sudah mempersiapkan masa depan Anda dan buah hati Anda nantinya, terlebih lagi investasi emas adalah salah satu instrumen investasi yang menjanjikan. Terbukti, sampai sekarang ini, investasi emas tidak pernah tergerus inflasi, justru nilai emas tiap tahunnya cenderung naik.

Lalu, bagaimana cara investasi emas yang benar? Ada beberapa cara berinvestasi emas, salah satunya menggunakan produk investasi emas di pegadaian. Kenapa pegadaian? Karena jaringannya luas, dan cabang PT Pegadaian yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Tentunya hal ini membuat Anda bisa bertransaksi lebih nyaman dan aman.

Cara Invetasi Emas di Pegadaian yang Dapat dilakukan Pemula Sekalipun

Nah, Berikut Cara Investasi Emas Beserta Metode Investasi Emas Di Pegadaian, Ada 3 cara memulai investasi emas di pegadaian, yakni dengan melalui layanan Tabungan Emas, Mulia, dan Konsinyasi Emas.
Berikut Penjelasannya :

Tabungan Emas

Tabungan emas merupakan produk layanan pembelian dan juga penjualan emas, dengan fasilitas titipan serta harga terjangkau. Layanan ini memberikan banyak kemudahan untuk masyarakat dalam berinvestasi emas.

Konsep dasar dari tabungan emas ini, adalah melakukan pembelian emas batangan, maupun menitipkan emas tersebut ke pegadaian. Akan tetapi, pembelian emas batangan bisa dicicil, label dari tabungan emas ini adalah “menabung emas dimulai dari 5.000 rupiah”.

Jadi, Anda bisa berinvestasi dengan dana yang minim, untuk memulainya Anda bisa datang langsung ke kantor cabang pegadaian dan mengisi formulir pembukaan tabungan emas. Kelebihan dari investasi emas di pegadaian melalui produk tabungan, yakni Anda bisa mulai mencicil dengan jumlah pembelian terkecil dengan kelipatan 0,01 gram. Terlebih lagi bila Anda membutuhkan dana secara tunai, Anda bisa menjual kembali tabungan emas Anda ke pegadaian (buyback), namun dengan minim berat 1 gram.

Mulia

Mulia merupakan salah satu layanan penjualan batangan emas kepada masyarakat, dengan system tunai maupun diangsur. Proses yang mudah serta jangka waktu yang lebih fleskibel, produk mulia ini bisa menjadi salah satu alternative berinvestasi yang aman dan nyaman dalam mewujudkan keperluan masa depan. Kebutuhan masa depan seperti, ibadah haji, menyiapkan biaya pendidikan, dan untuk kebutuhan lainnya, seperti memiliki rumah idaman atupun kendaraan pribadi.

Untuk cara memulai investasi emas di pegadaian melalui produk mulia ini, Anda bisa mendatangi outlet pegadaian dengan melakukan pembayaran nilai logam mulia yang bakal dibeli. Namun, untuk pembelian secara angsur, para calon nasabah bisa menentukan pola pembayaran angsuran seperti yang diinginkan.

Untuk pola pembayaran angsuran, uang muka minimal yang perlu dibayarkan sebesar 10% untuk umum dan 15% untuk kolektif. Untuk umum, jangka waktu yang ditentukan dari mulai 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 18,24 hingga maksimal 36 bulan. Nasabah bisa melakukan pengambilan bila pembayaran sudah seluruhnya terpenuhi (lunas).

Konsinyasi Emas

Konsinyasi emas merupakan salah satu layanan titip dan jual emas batangan di dalam pegadaian. Hal itu membuat investasi emas kepemilikan nasabah menjadi lebih aman dan nyaman, sebab disimpan di dalam pegadaian. Profit dari hasil penjualan emas tersebut akan diberikan kepada nasabah, sehingga emas yang dimiliki nasabah lebih produktif.

Kelebihan dari konsinyasi emas ini adalah keamanan yang 100% terjamin, dikelola oleh BUMN terpercaya, pengelolaan yang transparansi, dan keuntungan yang lebih kompetitif dibanding investasi lainnya.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, Anda tinggal melakukan registrasi dengan indentitas yang berlaku. Kuitansi pembelian emas maupun berita acara serah terima emas dari pegadaian (emas yang dibeli dari pegadaian). Dan sarat ketiga yakni pengisian dokumen pengajuan konsinyasi emas, dengan membawa materai 6000 x 2 lembar.

Harga Emas Di Pegadaian Selalu Update

Harga emas di pegadaian selalu update mengikuti perkembangan market, jadi bila Anda berniat investasi emas di pegadaian sebaiknya selalu mengecek harga pasar terlebih dahulu. Ada kalanya mulai berinvestasi disaat harga emas di pasar sedang melemah.

Untuk investasi emas di pegadaian, Anda bisa memulai dengan melakukan pembelian/mencicil untuk 0,01 gram dengan nilai Rp 5.000,00 (nilai bisa berubah setiap saat tergantung Market). Sedang untuk saldo, minimal investasi sebesar 0,01 gram atau setara dengan 5.000 rupiah.

Kelebihan dan Kekurangan Berinvestasi Emas di Pegadaian

Banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan investasi emas di pegadaian. Salah satunya adalah keamanan terjamin, karena PT Pegadaian milik BUMN maka keamanan lebih terjamin. Cicilan juga tidak terlalu membebani, sebab bisa menentukan cicilan mulai dari 3 bulan sampi 36 bulan. Harga yang diterapkan oleh pihak pegadaian juga harga normal, tidak ada penipuan di dalam pegadaian yang resmi milik pemerintah ini.

Kekurangan dari investasi emas di pegadaian adalah adanya kurs jual dan kurs beli pada tabungan emas, dimana ada selisih di kedua kurs tersebut. Adanya biaya administrasi dan bunga sebagai biaya tambahan kepada investor dalam melakukan pembelian secara kredit. Investasi emas di pegadaian merupakan bentuk asset, untuk membuat menjadi fisik emas batangan, investor harus membayar biaya cetakan dengan minim berat 5 gram.

Kesimpulannya adalah untuk investasi jangka panjang, investasi emas merupakan pilihan yang tepat. Sebab adanya legalitas yang aman, serta jangkauan yang lebih mudah dengan proses yang tidak rumit, melihat banyak investasi bodong yang merajalela maka investasi emas di pegadaian adalah pilihan yang sempurna.

Mengupas Tuntas Investasi Emas di Pegadaian, Terbaru 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Posting Komentar