TIPS MENGHINDARI INVESTASI BODONG YANG TEPAT

Tips Menghindari Investasi Bodong - Berbicara mengenai investasi kali ini ada hal yang cukup mencengangkan yakni investasi bodong. Tahukah anda apa pengertian dari investasi tersebut? Pengertian dari investasi bodong ini adalah suatu bentuk dari investasi yang mana investor akan menitipkan sejumlah uangnya untuk dikelola maupun diolah oleh sebuah perusahaan investasi hanya saja perusahaan tersebut tidaklah mengelola uangnya. Melainkan mereka membawa kabur uangnya atau bahkan memutarkan uangnya pada investor yang lainnya.

Tips Menghindari Investasi Bodong

Mungkin banyak orang memahami investasi itu bisa mendatangkan banyak untung yang berlipat. Jika anda menanamkan modal anda dengan jumlah sekian dalam jangka waktu tertentu maka anda juga akan mendapatkan untung sekian persen. Padahal yang sebenarnya tidaklah demikian. Sebab yang namanya investasi tentu saja juga pernah mengalami kerugian kecuali untuk investasi pada sebuah aset yang cenderung stabil. Seperti halnya tanah dan juga emas.

Menyadari akan kesalahpahaman masyarakat mengenai investasi serta keinginan untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar tanpa harus bersusah payah tentunya memunculkan beragam bentuk penipuan yang dilakukan seperti halnya investasi bodong ini.

Jika kita mau teliti tentu saja kita bisa membedakan apakah itu benar-benar investasi ataukah investasi bodong. Supaya anda tidak terjebak dalam investasi bodong, alangkah baiknya jika anda mengetahui ciri-ciri dari investasi tersebut.

Ciri-ciri Investasi Bodong

Inilah beragam ciri investasi bodong yang perlu anda ketahui supaya anda tidak terjebak didalamnya. Cirinya diantaranya sebagai berikut:
  • Imbal hasil yang jauh lebih besar dalam jangka waktu yang lebih singkat. Tentunya anda harus lebih berhati-hati jika anda ditawarkan untuk berinvestasi dengan imbalan yang tidak wajar dalam jangka waktu yang cepat.
  • Tidak dijelaskan bagaimana mengelola investasinya. Jika anda tidak diberi penjelasan mengenai cara mengelola investasinya tentunya anda harus berhati-hati.
  • Tidak ada penjelasan mengenai struktur kepengurusannya, struktur kepemilikan, struktur kegiatan usahanya maupun alamat domisili usahanya.
  • Kegiatan yang mereka lakukan menyerupai money game. Jika kegiatan yang mereka lakukan menyerupai money game tentu saja anda perlu berhati-hati sebab bisa jadi dana yang anda keluarkan tidak akan kembali lagi kepada anda.
  • Jika ada barang, kualitas barangnya tidak sesuai dengan harganya.
  • Bonusnya bakal dibayar apabila ada perekrutan.
Itulah berbagai ciri yang harus anda perhatikan supaya tidak terjebak dengan investasi bodong. Jika anda menemui berbagai ciri tersebut akan lebih baik anda tidak berinvestasi pada perusahaannya.

Nah, berikutnya adalah tips menghindari investasi bodong.
Supaya anda tidak terjebak dengan yang namanya investasi bodong tentunya anda harus lebih berhati-hati lagi jika ingin berinvestasi. Jangan sampai anda terjebak dengan investasi yang salah.
Inilah berbagai tips menghindari investasi bodong yang harus anda perhatikan, agar tidak terjebak dari investasi bodong.

4 Tips menghindari investasi bodong

  1. Kumpulkan banyak informasi. Memang lebih baik anda kumpulkan dulu informasi yang sebanyak-banyaknya. Jika anda menerima tawaran investasi janganlah anda terburu-buru untuk menerimanya. Ada baiknya anda berikan waktu untuk diri anda memikirkan apakah investasi yang ditawarkan tersebut benar-benar bisa dipercaya. anda bisa melakukan pencarian melalui online atau bahkan mencari informasi dari orang yang sudah berinvestasi padanya.
  2. Waspadalah terhadap rayuan yang lebih menarik. Manusia memang cenderung lebih lemah jika diberi kesempatan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar dalam jangka waktu singkat. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh para investasi bodong. Akan lebih baik jika anda kalkulasi sendiri apakah imbal baliknya sudah sesuai dengan apa yang mereka tawarkan. Anda juga perlu lebih waspada lagi jika anda dirayu untuk membeli produknya dalam waktu yang cepat. Akan lebih baik anda kumpulkan informasi terlebih dahulu.
  3. Periksa izin resmi perusahaan. Tentunya sebuah perusahaan yang berkembang sudah memiliki izin resmi sebagai bukti bahwa perusahaan tersebut benar-benar terpercaya. Surat izin ini bukanlah hanya sekedar surat izin usaha perdagangan saja melainkan izin resmi dari lembaga yang mana mengatur dan mengawasi pasar modal dan juga lembaga keuangan Indonesia.Jika mereka tidak memiliki ijin yang resmi dari Bank Indonesia maupun OSJ tentunya anda harus waspada.
  4. Bacalah perjanjiannya secara mendetail. Sebelum anda membeli suatu produk investasi, akan lebih baik jika anda meminta dan juga membaca sedetail mungkin setiap pasal perjanjian produk investasi tersebut. Janganlah anda menyerahkan dananya jika tidak ada suatu perjanjian yang tertulis. Segeralah anda bertanya jika ada sesuatu yang merasa janggal. Jangan sampai anda terburu-buru untuk menandatangi surat perjanjiannya tanpa membacanya secara detail terlebih dahulu. Anda tentunya juga bisa melakukan perikatannya dihadapan notaris supaya keabsahannya lebih terjamin.
Itulah tadi berbagai tips menghindari investasi bodong yang harus anda ketahui. Tentunya anda tidak ingin bukan terjebak didalamnya dan uang anda dibawa lari tanpa kepastian. Yang ada anda akan mengalami kerugian yang besar karena salah menginvestasikan barang maupun uang anda. Jadi akan lebih baik anda berhati-hati lagi jika ingin berinvestasi.

TIPS MENGHINDARI INVESTASI BODONG YANG TEPAT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Posting Komentar